Mudahnya Mengurus Visa Australia. Satu Hari Langsung Jadi!

by - October 31, 2015

Warga Negara Indonesia yang akan bepergian ke Australia harus memiliki visa sebelum memasuki negara Kanguru tersebut. Pengurusan visa Australia dilakukan melalui kantor Australia Visa Application Center (AVAC) Jakarta yang bertempat di Lantai 2 Kuningan City, Jakarta Selatan. Info: Situs resmi VFSSelain visa Australia, pengurusan visa UK dan Selandia Baru juga dilakukan di tempat ini.

Rencana ke Australia sebenarnya bukan sesuatu yang disengaja. Saya mendapatkan tiket promo Air Asia Kuala Lumpur-Perth seharga tak lebih dari 350 ribu rupiah. Mengurus visa Australia untuk kunjungan singkat (tourist stream) cukup mudah, asalkan persyaratan yang diperlukan lengkap dan terpenuhi. Berikut akan saya bagi pengalaman mudahnya mengurus visa Australia dan suprisingly hanya butuh kurang dari 24 jam hingga visa dinyatakan granted.

Persyaratan dokumen 
1. Formulir Permohonan Visa
2. Fotokopi Paspor
3. Pas Foto ukuran foto paspor yang diambil kurang dari 6 bulan
4. Fotokopi Akte Lahir, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk 
5. Bukti Keuangan
6. Surat Keterangan Kerja
7. Invitation Letter atau Surat Sponsor (jika ada)
8. Dokumen Tambahan

Formulir Permohonan Visa 
Anda harus terlebih dahulu tahu dan paham betul mengenai jenis visa yang akan anda applySaya mengurus visa kunjungan singkat (visa subclass 600). Visa ini mengizinkan kita masuk Australia untuk tujuan wisata (tourist stream) maupun tujuan bisnis (bussiness stream). Tujuan wisata diantaranya untuk berlibur, mengunjungi teman atau keluarga di Australia. Sementara bussiness stream diperuntukkan bagi orang-orang yang bepergian ke Australia untuk kunjungan bisnis singkat, mengikuti konferensi, negosiasi ataupun pertemuan lain untuk urusan bisnis. Saya sendiri mengunjungi Australia kali ini untuk berlibur sekaligus mengunjungi kakak perempuan saya yang tinggal di Perth.
Ada dua jenis formulir untuk pengurusan visitor visa for tourist stream yaitu form 1418 dan form 1419. Form 1418 adalah untuk pengurusan visa yang diajukan di Australia sementara form 1419 adalah untuk pengurusan visa yang dilakukan di luar Australia. (Form 1419 klik disini)Formulir ini harus diisi lengkap dan ditandatangani oleh pemohon. 

Fotokopi Paspor
Fotokopi paspor yang dilampirkan diantaranya mencakup:
- Halaman paling depan yang berisi identitas pemilik paspor 
- Halaman paling belakang yang berisi informasi alamat pemegang paspor
- Halaman yang berisi cap atau stempel dari negara-negara yang pernah dikunjungi. 
Sekedar informasi, meski paspor asli tidak akan ditahan selama proses pengajuan visa Australia seperti layaknya visa Korea, namun penting untuk tetap membawa paspor asli saat mengajukan permohonan karena pihak VFS akan melakukan verifikasi terhadap paspor pemohon. Visa Australia tidak akan ditempel di paspor melainkan dikirimkan lewat email dan akan otomatis terintegrasi dengan sistem Keimigasian Australia begitu paspor dipindai.

Bukti Keuangan
Rekening Koran tiga bulan terakhir dan surat referensi dari bank serta saya tambahkan dengan bukti tagihan kartu kredit selama tiga bulan terakhir. Untuk jumlah nominal tabungan, pihak kedutaan memang tidak mencantumkan angka pasti. Hal ini biasanya disesuaikan dengan lama waktu kunjungan. Saya sendiri cukup pesimis sebelumnya karena seseorang yang saya kenal pernah mengatakan bahwa jumlah uang harus sekitar 30 juta di tabungan. Namun ternyata hal itu cuma mitos. Tidak menjadi jaminan jumlah tabungan dengan nominal yang besar akan otomatis 100 persen membuat visa disetujui. Begitu pula sebaliknya. Setidaknya demikianlah yang saya alami. Jumlah tabungan juga hanya terhitung belasan namun visa saya justru granted. 

Surat Keterangan Kerja
Surat Keterangan Kerja sebagai bukti bahwa pemohon mempunyai pekerjaan tetap di Indonesia dan dipastikan akan kembali untuk bekerja atau dengan kata lain tidak akan menjadi imigran gelap maupun pencari kerja di Australia. Beberapa blog yang pernah saya baca menyebut adanya surat ini sangat penting dan menjadi pertimbangan utama pihak kedutaan memberikan visa grant kepada pemohon. Surat ini ditulis dalam bahasa Inggris dengan kop surat perusahaan dan berisi nama, nomor paspor, jabatan dan kapan akan melakukan perjalanan. 

Invitation Letter atau Surat Sponsor (jika ada)
Jika Anda mempunyai anggota keluarga atau teman atau kerabat di Australia, ada baiknya untuk mencantumkan invitation letter ataupun surat sponsor yang menerangkan bahwa Anda diundang dan disponsori oleh mereka. Kemungkinan disetujui akan lebih besar jika Anda mencantumkan surat ini. Berikut ini contoh surat invitation letter yang saya gunakan saat mengajukan visa Australia. Surat sponsor atau invitation letter ini juga perlu dilengkapi dengan identitas pengundang semisal copy paspor dan juga bank statement yang menjadi bukti kemampuan finansial darinya untuk menampung Anda selama di Australia.

Dokumen Tambahan
Dokumen tambahan yang saya cantumkan antara lain slip gaji tiga bulan terakhir; copy SPT Tahunan; copy NPWP dan juga copy id card dari kantor tempat saya bekerja serta tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Kuala Lumpur-Perth-Bali-Jakarta. Dokumen-dokumen ini bukan merupakan keharusan namun akan lebih baik disertakan sebagai bukti tambahan sekaligus sebagai bahan pertimbangan bagi pihak kedutaan untuk disetujuinya visa yang kita ajukan.

Biaya Pengurusan Visa 
Biaya pengurusan visa sebesar 1.609.850,- (september  2015) yang terinci sebagai berikut:
Visa fees: IDR 1.420.000,-
Logistic fee: IDR 189.850,-
Jika Anda ingin menggunakan sms pemberitahuan maka akan dikenakan biaya tambahan IDR 25.000 (optional). Semua biaya tersebut adalah non-refundable, yang artinya jika visa ditolak, tidak akan ada pengembalian biaya visa yang telah dibayarkan.

Cek Status Aplikasi Visa Australia
Jika semua berkas telah lengkap dan Anda telah membayar biaya visa, maka petugas VFS akan memberikan dua lembar kertas yang berisi penjelasan mengenai cara melacak status permohonan visa Anda secara online. Berikut ini adalah cara melacak status permohonan visa Australia.
  1. Kunjungi halaman web berikut: www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia
  2. Klik 'Lacak Permohonan Visa' dan 'Untuk Permohonan aplikasi setelah tanggal 23 Maret 2013: Lacak Aplikasi Anda (Baru)'
  3. Masukkan nomor VLN Anda (contoh: AUX-ID-01-00001-X). Nomor VLN ini tertera pada struk pembayaran permohonan visa yang diberikan oleh petugas VFS. 
  4. Masukkan tanggal lahir Anda (tanggal/bulan/tahun)
Permohonan visa akan menunjukkan status 'dalam proses' atau 'selesai'. Jika proses visa telah selesai, Anda bisa memeriksa email Anda di folder inbox. Jika tidak ada, Anda bisa memeriksanya di folder spam atau junk

Catatan Tambahan
Lama proses permohonan visa kunjungan turis tertulis 15 hari, bisa lebih cepat tergantung pihak kedutaan sendiri yang memutuskan, bisa seminggu, 4-5 hari atau bahkan seperti saya yang hanya butuh sehari. Pada intinya, kelengkapan dokumen sangatlah penting. Jangan ragu untuk mencantumkan dokumen tambahan yang dapat memberikan bukti tambahan kepada pihak kedutaan bahwa Anda memang berniat untuk melakukan kunjungan atau wisata ke Australia. Anda bisa melampirkan tiket pesawat pp, itinerary jika perlu. Jika Anda menggunakan invitation letter atau surat sponsor, jangan lupa juga untuk mencantumkan bukti keuangan finansial berupa bank statement dari pihak pengundang. Saya tidak mencantumkan asuransi perjalanan namun meski demikian, akan lebih baik jika Anda ingin mencantumkan travel insurance sebagai bukti kesiapan Anda melakukan perjalanan ke Australia. Formulir permohonan visa Australia terdiri dari berlembar-lembar halaman yang harus diisi dengan lengkap dan jelas. Jika ada beberapa bagian yang tidak Anda mengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada pihak VFS melalui email ataupun secara langsung saat mengajukan permohonan visa di kantor VFS (AVAC). Jangan lupa untuk tetap membawa paspor Anda saat proses pengajuan visa karena meskipun visa Australia tidak akan ditempel pada paspor dan itu artinya paspor Anda tidak akan ditahan, namun pihak VFS tetap perlu untuk melakukan verifikasi terhadap paspor pemohon. Bagi Anda yang berniat atau akan mengajukan visa Australia, semoga Anda beruntung mendapatkan visa dengan status granted secepat saya. Dan, selamat berlibur ke negara Australia! :)
Perth, Western Australia. Spring, October 2015

PS: Saya sangat jarang mengecek blog. Oleh karenanya, jikalau teman-teman ada yang ingin ditanyakan, silahkan langsung menghubungi saya melalui email anggung.nastiti@gmail.com ya. Terima kasih. 😃

You May Also Like

6 comments

  1. Mencantumkan tiket perjalanan optional atau keharusan ya? Thanks infonya.

    ReplyDelete
  2. Mencantumkan tiket perjalanan itu optional atau keharusan? Thanks infonya.

    ReplyDelete
  3. Apa yang harus saya lakukan apabila sudh 2 minggu lebih tidak mendapatkan email dari pihak kedutaan sedangkan dari cek status sudah selesai?

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mbak. Wah baca post tentang mudahnya apply visa Aussie jadi bikin mupeng pengen kesono mbak. Mbak, kalau aku mau tanya2 tentang pengalaman mbak waktu apply visa Aussie, boleh kah? Mungkin by email atau medsos lain yang lebih mudah.. Trimakasih sebelumnya ��

    ReplyDelete
  5. kalau ade yang nak apply visa melancong ke australia, jangan buat online sebab mahal.. boleh kontek sy directly and saya akan tolong applykan.. hanya RM20 sahaja.. 0197342254

    ReplyDelete
  6. Izin numpang lapak memberi alternative bagi yang ingin kuliah berbeasiswa di luar negeri hingga meniti karir di sana.

    Ingin meniti karir di luar negeri?

    Atau...

    Apakah anda mempunyai IPK 3.0, lulusan S-1 yang terakreditasi, dari jurusan apapun, memiliki rencana untuk membangun Indonesia dan dibawah 35 tahun?

    Kami mendidik anda untuk memperoleh IELTS 7.5 & menjamin anda akan mendapatkan beasiswa 100% di luar negeri. 3000+ alumni kami sejak 1996, bersekolah di 4 benua.

    JAMINAN UANG KEMBALI!

    Untuk test institusional IELTS gratis & info beasiswa,
    contact: 0813 1663 4102

    ReplyDelete

Punya Rencana Ke Korea?

trazy.com