Korea Tak Melulu Seoul, Coba Main ke Gapyeong! (Review: The Garden of Morning Calm)

by - April 23, 2017

Suasana alam Gapyeong
Lama tak update blog karena kesibukan kerja dan belajar bahasa, saya kembali dengan tekad dan misi kuat menuntaskan cerita Korea ~ellaah. Oke, karena baru-baru ini saya baru pulang dari ngetrip ke Korea lagi, kali ini saya akan me-review tempat wisata dan berbagi cerita mengenai pengalaman sweet-escape dari kota Seoul. Agar relevan, saya menyambung saja dari cerita Korea saya sebelumnya 😊.

Adalah Gapyeong, sebuah daerah pegunungan sejuk di provinsi Gyeonggi-do yang berjarak sekitar dua jam-an dari kota Seoul. Gapyeong memiliki beberapa tempat wisata menarik dan cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara, dimana tiga diantaranya adalah Nami Island, Petite France dan The Garden of Morning Calm. Karena letaknya di pinggiran kota Seoul, ada baiknya untuk memulai perjalanan di pagi hari sehingga memungkinkan untuk menjelajah ketiga tempat tersebut dalam sehari. Sebagai referensi, saat itu saya keluar dari hostel cukup pagi sekitar pukul 07.20. Meski jalanan masih tampak lengang namun sesungguhnya situasi di stasiun-stasiun bawah tanah adalah sebaliknya. Daily commute warga Seoul sudah terlihat di metro subway yang penuh sesak.
Penampakan jalanan Seoul di pagi hari (kawasan Hongdae)
Tujuan pertama saya dalam rangka jelajah Gapyeong adalah Garden of Morning Calm. Untuk mencapai lokasi taman tersebut, stasiun terdekat adalah Stasiun Cheongpyeong. Dengan menggunakan metro subway, total perjalanan dari stasiun Hongik University (stasiun terdekat dengan hostel saya) ke stasiun Cheongpyeong lebih kurang 90 menit, menempuh 28 stasiun dengan dua kali transfer dan biaya perjalanan sekitar 2250 won. Dari Stasiun Cheongpyeong nantinya perjalanan diteruskan dengan menggunakan shuttle bus bernama Gapyeong Tour Bus.
Memasuki daerah countryside, Gapyeong
Sesampainya di Stasiun Cheongpyeong
Turun menuju bangunan utama stasiun Cheongpyeong
Rute yang saya ambil ini tergolong rute yang sepi dan tidak terlalu populer di kalangan wisatawan mancanegara. Biasanya, wisatawan asing lebih sering berkunjung ke Nami Island atau Petite France dengan menggunakan ITX. Sejauh mata memandang sepanjang perjalanan menuju stasiun Cheongpyeong, Anda mungkin akan menjumpai penumpang kereta yang didominasi oleh warga lokal paruh baya (para ahjussi dan ahjumma) yang hendak berwisata alam. Jangan kaget karena memang orang Korea sangat gemar mendaki gunung apalagi jika suhu sudah mulai menghangat seperti saat musim semi. Sesampainya di stasiun Cheongpyeong, begitu keluar dari stasiun, Anda akan mendapati sejuk, damai dan tenangnya alam pedesaan Korea dengan pemandangan indahnya pegunungan.
Stasiun Cheongpyeong 
Suasana di depan stasiun Cheongpyeong 
Bagian depan stasiun Cheongpyeong
Halte di depan stasiun Cheongpyeong (jika keluar dari exit 1)
Tak ada koneksi wifi di sini sehingga hendaknya Anda lebih well-prepared agar tidak tersesat. -Sekedar curhat, saat sampai, saya hanya muter-muter stasiun dari satu arah ke arah lainnya. Tak ada wifi untuk mencari petunjuk dimana halte bus yang menuju Garden of Morning Calm. Saya kembali masuk ke dalam stasiun berharap ada petugas yang bisa ditanya namun tak ada juga. Saya keluar lagi dan menemukan sebuah tourist center yang juga kosong. Saya mencoba bertanya kepada orang lokal (seorang ahjumma), namun dianya malah nyerocos dengan bahasa Korea. Saya juga mencoba menelepon Tourist Information Center (TIC) di nomer 1330 namun sambungan terputus. Pulsa habis sodara-sodaraaa~. 😭- Yang saya maksud well-prepared disini adalah Anda harus sudah mengetahui dengan baik mengenai jadwal, waktu dan tempat dimana Anda bisa menaiki shuttle bus tersebut. Di stasiun Cheongpyeong, Anda harus keluar dari exit 2 untuk menemukan sebuah halte bus Gapyeong Tour Bus yang bisa membawa Anda ke Garden of Morning Calm, Petite France atau Nami Island.
Jadwal Gapyeong Tour bus (More info:  I'm on the road
Halte di depan stasiun Cheongpyeong jika keluar dari exit2, tempat menunggu shuttle bus
Pegunungan dan suasana alam pedesaan Cheongpyeong
Sisa pepohonan musim semi yang masih tampak di depan halte bus stasiun Cheongpyeong
Harga tiket bus adalah 6000 won yang bisa dibeli langsung dari sang sopir. Tiket ini berlaku selama sehari dimana penumpang bisa naik-turun dari tempat-tempat wisata di kawasan Gapyeong. Penting untuk menyimpan tiket ini dengan baik untuk ditunjukkan kepada sang sopir saat akan naik bus untuk perjalanan kembali ataupun menuju ke tempat lain yang masuk dalam rute shuttle bus ini  (ke Nami Island atau Petite France, misalnya)Perjalanan dari stasiun Cheongpyeong menuju Garden of Morning Calm ditempuh dalam kurun waktu lebih kurang 20 menit. 
Pemandangan alam dalam perjalanan menuju The Garden of Morning Calm
Perumahan penduduk lokal
Masih dalam perjalanan menuju Garden of Morning Calm
Sampai di kawasan Garden of Morning Calm, tempat turun bus shuttle Gapyeong Tour Bus
Tempat parkir Garden of Morning Calm sekaligus gerbang menuju arboretum
Pintu masuk Garden of Morning Calm
The Garden of Morning Calm atau dalam bahasa Korea disebut μ•„μΉ¨κ³ μš”μˆ˜λͺ©μ› (achim goyo sumogweon) adalah sebuah arboretum (-semacam taman atau kebun botani dengan berbagai jenis tanaman, bunga dan pepohonan yang dikoleksi, dipelihara dan diberi keterangan nama dan beberapa informasi lainnya-) yang memiliki koleksi sekitar 5000 jenis tanaman dan mekar antara bulan Maret hingga November. Tiket masuk untuk dewasa adalah sebesar 8000 won. 
Tempat membeli tiket, di sebelah bangunan putih tsb (samping Morning Gallery)
Tiket masuk The Garden of Morning Calm
Surga bagi pecinta bunga dan tanaman
The Garden of Morning Calm cocok bagi Anda pecinta bunga dan tanaman, suka berjalan-jalan santai sambil menikmati alam sebagai salah satu media relaksasi dan healing, ataupun sekedar menjadi pelarian sesaat dari hiruk pikuknya kota. Yang membuat Garden of Morning Calm menjadi tempat paling berkesan bagi saya selama di Korea adalah karena damainya tempat ini, dengan keindahan alam pegunungan ditaburi berbagai warna bunga yang sedang mekar-mekarnya, serta sisa-sisa cherry blossom yang masih bisa dilihat dan dirasa meski saat itu musim semi sudah mendekati akhir. Selain itu, Garden of Morning lebih banyak dikunjungi oleh warga lokal karena wisatawan asing lebih banyak membidik Nami Island dan Petite France sebagai tujuan wisata mereka sehingga suasana 'Korea' di tempat ini akan lebih terasa.
Cherry blossom di Garden of Morning Calm
Banyak yang menyebut Garden of Morning Calm sebagai 'a place for romance', sebuah tempat yang bagus dikunjungi dengan pasangan. Namun bukan berarti hanya untuk pasangan saja, arboterum ini juga menjadi tempat rekreasi berlibur keluarga, bercengkerama dengan teman-teman sebaya atau sebagai tempat anak-anak sekolah untuk belajar mengenai berbagai jenis tanaman dan tumbuhan dalam rangka karyawisata. 
Para ahjumma (tante-tante) yang menjadi pengunjung terbanyak kebun ini
Pengunjung Garden of Morning Calm
Garden of Morning calm sebagai tempat wisata keluarga
Anak-anak sekolah yang sedang melakukan karyawisata
Menyeberangi sungai kecil dengan aliran air yang sangat jernih
When in Garden of Morning Calm, selfie is a must!
Berikutnya, saya tak akan panjang lebar menceritakan apa yang ada di dalam Garden of Morning Calm. Selain faktor lupa, saya lebih merekomendasikan Anda untuk melihat sendiri melalui hasil jepretan saya berikut ini.
Saya menghabiskan waktu sekitar dua jam mengelilingi taman ini. Oh ya, saya bertemu  Mr. Seo, seorang ahjussi atau bapak-bapak yang secara tidak sengaja bertemu di halte depan stasiun Cheongpyeong saat sedang mencari shuttle bus. Awalnya ia akan naik gunung namun kemudian menawarkan diri untuk menjadi guide saya selama berkeliling Gapyeong hari itu. Jadilah selama di Gapyeong saya dipandu oleh Mr. Seo termasuk juga ke tujuan berikutnya yaitu Petite France, sebuah lokasi wisata yang memiliki bangunan berkonsep ala Perancis yang menjadi salah satu lokasi syuting beberapa drama dan variety show Korea seperti Running Man. (Petite France akan di-review di postingan berikutnya).

For your informations, bagi penggemar drama Korea, The Garden of Morning Calm ini juga beberapa kali dijadikan lokasi pengambilan gambar dari beberapa judul drama terkenal seperti Love in The Moonlight (KBS-2016) dan He's Beautiful (SBS-2009).

The Garden of Morning Calm: 
Directions: Stasiun Cheongpyeong (Gyeongchun Line) exit 2 dan naik bus Gapyeong Tour Bus menuju Garden of Morning Calm
Admission: Adults 8000 won (weekdays)/ 9000 won (weekend/public holiday)
More information πŸ‘‰VisitKorea official websiteπŸ‘‰ Gapyeong Tour Bus.

You May Also Like

0 comments

Punya Rencana Ke Korea?

trazy.com