Seoul Sweet Escape, Gapyeong: Menengok Desa Kecil Bernuasa Perancis (Review Petite France)

by - June 22, 2017

Petite France 
Seperti yang sudah saya singgung di postingan sebelumnya (Review Garden of Morning Calm), Gapyeong-gun merupakan daerah sejuk di pinggiran kota Seoul yang menawarkan keindahan alam pegunungan yang cocok sebagai short-escape dari kota Seoul yang super-sibuk. Selain Garden of Morning Calm, Gapyeong juga memiliki tempat wisata lain yaitu Petite France.
Letak Petite France diantara beberapa destinasi wisata di Gapyeong-gun (copyright: Pfcamp.com)
Pegunungan dan danau Cheongpyeongho, pesona alam Gapyeong yang bisa dilihat dari Petite France
Jika dibandingkan Garden of Morning Calm, Petite France sendiri bisa dikatakan jauh lebih ramai dan populer di kalangan wisatawan mancanegara (meskipun tidak juga seramai Nami Island). Mengapa bisa demikian?
Bagian depan Petite France 
Gerbang pintu masuk Petite France
Loket pembelian tiket masuk Petite France
Pemandangan pertama saat memasuki kawasan Petite France
Petite France yang secara harfiah berarti 'Perancis Kecil' merupakan taman hiburan bertema desa khas Perancis Selatan. Konsep awal Petite France adalah untuk menciptakan sebuah lingkungan dengan taman bunga, bintang-bintang dan The Little Prince
Sang Pangeran Kecil
Ornamen dinding  The Little Prince
Salah satu taman bunga di kawasan Petite france
Di dalam Petite France terdapat sebuah memorial hall yang didedikasikan untuk Antoine de Saint-Exupéry, seorang berkebangsaan Perancis penulis novel The Little Prince. Selain itu, di dalam Petite France juga terdapat museum, workshop, kafe dan juga guesthouse

Petite France Guide Map (Copyright: pfcamp)
- St. Exupery's Memorial Hall
St. Exupery Memorial merupakan satu-satunya aula peringatan yang berlisensi dari St. Exupery Foundation dimana di dalamnya pengunjung bisa merasakan kehidupan, beberapa karya serta gambaran dari beberapa karakter yang terdapat pada novel Le Petite France.
St. Exupery Memorial Hall
- Amphitheatre

Disebut juga outdoor theatre, biasanya saat cuaca bagus di waktu-waktu tertentu diadakan berbagai pertunjukan diantaranya konser musik kecil-kecilan. Saat malam hari, pengunjung juga bisa menyaksikan bintang-bintang di langit sambil duduk-duduk di amphitheatre ini.
Amphitheatre tampak dari atas
- Fountain Plazza
Fountain Plaza
Setelah melewati gang sempit dari sisi kanan Outdoor Theater (amphitheater), terdapat sebuah Fountain Plaza yang mirip seperti Plaza khas Eropa lengkap dengan bangunan seperti kantin, galeri dan toko souvenir di lantai dasar dan fasilitas akomodasi di lantai atasnya.
Fountain Square yang berkonsep seperti jalanan di Perancis, lengkap dengan toko sovenir dan kios
- Antiques Gallery
Antiques Gallery
Antiques Gallery, sebuah bangunan di Petite France yang didesain khusus dengan konsep pasar loak Saint-Ouen, sebuah pasar loak yang sangat terkenal di Perancis. Pengunjung dapat melihat-lihat dan bahkan juga membeli barang-barang antik disini. Kisaran harganya pun bervariasi tergantung tingkat keunikan dan usia barang antik itu sendiri.
Pernak-pernik antik yang dipajang di depan Antiques Gallery 
- Orgel House
Bangunan Orgel House ini dipenuhi dengan melodi indah yang berasal dari kotakmusik tua yang dikoleksi dari Perancis dan Eropa. 
Orgel House, dimana sebuah kotak musik berusia 200 tahun memainkan melodi musik yang indah
 - Marionatte House
Marionatte merupakan boneka yang dikendalikan dengan menggunakan benang, senar, atau tali. Pertunjukan Marionatte biasanya diiringi dengan musik yang dramatis dimana boneka-boneka tersebut digerakkan seolah-olah sedang melakukan tarian. Permainan Marionatte sendiri lebih populer di negara Ceko.
Boneka-boneka yang dipajang di Marionatte House
- French Traditional House Gallery
Berbagai jenis ornamen porselain yang ada di dalam bangunan Traditional France House
Rumah galeri ini telah 'mengimpor' rumah tradisional Prancis yang berusia lebih dari 200 tahun dan kemudian membuatnya ulang di Korea. Kayu tua, genteng, dan batu bata yang khas sengaja dipakai guna menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke dalam bangunan ini. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati makanan Prancis dan hal lain seperti pakaian dan tempat tinggal lengkap dengan barang-barang rumah tangga khas Perancis yang sengaja disimpan di galeri ini.
Beberapa barang antik memang dijual namun beberapa diantaranya tidak dan hanya sebatas untuk dipamerkan
- House of European Dolls French Miniature Village
Boneka-boneka dari Perancis yang ada di bangunan House of Dolls
Sekitar 300 boneka  dan barang-barang vintage khas Eropa lainnya menghiasi bangunan ini dengan tema yang berbeda di setiap ruangannya dimana juga terdapat miniatur desa Perancis yang diletakkan di tengah-tengah bangunan ini.
Usia boneka yang ada di bangunan House of European dolls ini bervariasi bahkan ada yang dari tahun 1920an
Berikutnya saya hanya akan menunjukkan apa saja yang ada di dalam Petite France melalui beberapa foto yang saya abadikan berikut ini.
Pond De Fabre, jembatan yang menghubungkan Batterfly Park dan Observatory
Titik akhir dari jembatan Pond De Fabre
Pemandangan Petite France dengan latar belakang danau Cheongpyeong dari Pond De Fabre
Butterfly Park
Observatory
Pemandangan dari Observatory
Petite France menjadi lebih ramai dan dikenal di kalangan wisatawan karena beberapa kali muncul di beberapa serial drama televisi  Korea seperti Beethoven Virus, Secret Garden, You Who Came From The Stars dan beberapa tayangan Variety Show seperti Running man episode 40 dan 204. 
Beberapa drama dan variety show Korea yang pernah menjadikan Petite France sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar
Beberapa lokasi pengambilan gambar dari drama Secret Garden yang akhirnya menjadi spot foto para pengunjung
(Masih) Amphitheatre, Spot yang paling saya ingat di episode Running Man yang ke 40 😆
Do Min Joon dan Chun Song Yi, dua tokoh utama dalam serial drama SBS: You Who Came From The Stars
Things you need to know about Petite France
- Location: 📍 1063 Hoban-ro, Gapyeong-Gun, Kyunggi-do 
- Admission: Adults 8000 won; Teens 6000 won; Child 5000 won
- Opening Hours:  09.00~18.00 (no holiday)
- Directions: (Subway) Stasiun Cheongpyeong atau stasiun Gapyeong (Gyeongchun Subway Line). Kemudian naik  bus Gapyeong Tour Bus dan turun di Petite France. 
More informations: Petite France official website  ⇒ www.pfcamp.com

You May Also Like

0 comments